Perkedel Singkong

Hee?? Perkedel singkong??? Banyak yang merasa aneh pas aq bilang, pengen bikin perkedel singkong. Hm, mungkin karena gak awam aja ya. Masakan ini pertama kali diperkenalkan oleh ibunya mbakku yang ini. Pas pertama kali makan, hey enak ternyata, gak kalah sama perkedel kentang yang biasanya itu. Keunggulannya yang pasti bahannya lebih murah. Ini tadi beli beli singkong satu plastik di abang gerobak sayur cuma Rp 1.000 (thanks to mbak Titin yang udah nawar, tadinya Rp 1.500) jadinya sekitar 18 potong. Potongannya lumayan gede, dengan diameter sekitar 7 cm, makan satu kenyang deh, ahaha.. Nah langsung aja niy, aq share bahan dan cara buatnya (ini perkiraanku aja siy, gtw kalo versi ibunya si mbak gimana)

Perkedel Singkong

Bahan:
500 gram singkong
1 sdm merica bubuk
1 sachet penyedap rasa
1 sdt garam
2 siung bawang merah, iris tipis, goreng
1 potong daun bawang, iris tipis
1 butir telur

Cara membuat:
Kupas singkong, potong kecil-kecil lalu rebus hingga matang, setelah matang angkat dan diamkan sampai agak dingin (soalnya kalo panas-panas tar kasian yang nyetakin). Setelah agak dingin haluskan singkong, idealnya siy dengan lumpang (istilah aq niy) atau kalo gak ada ya pake ulekan juga boleh deh, yang penting ancur tuh singkong. Setelah halus masukkan merica, penyedap rasa, bawang goreng dan daun bawang, campur hingga rata. Kalau udah rata, cetak bulat-bulat diameter 5-7 cm, lalu masukkan kedalam telur yang sudah dikocok terlebih dahulu. Goreng sampai telur matang agak kecokelatan, lalu tiriskan. Jadi deh.. Bisa dijadikan lauk untuk makan nasi, atau dicemil pake saos, lumayan nambah karbohidrat..hehe.. :lol:


pratigina©2010

About these ads

3 thoughts on “Perkedel Singkong

  1. Dio Prasetyo says:

    Ehm enak kayanya…

    Mau Coba ahk… :D hehehe….

    http://dioprasetyo25.wordpress.com/

  2. Etty says:

    Penen bikin ach buat di jual…hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s