Eunectes murinus (Anaconda Ijo)

Kalo’ denger namanya pasti langsung kebayang film Holywood yang dibintangi J-Lo tea. Anaconda, iya sih, reptil ini emang yang ada di film itu. Ular ini termasuk keluarga Boa (tipe ular-ular gede). Anaconda ijo ini berasal dari Amerika Selatan, merupakan ular terbesar di dunia. Saudaranya, Python dapat mencapai panjang yanganaconda Ijo sama tapi lebih ramping, lilitan Anaconda yang luar biasa membuat Anaconda adalah yang terberat. Anaconda Ijo ini bisa tumbuh lebih dari 29 kaki (kira-kira 8,8 meter lah..busyet dah..), dan beratnya bisa mencapai 550 pound (sekitar 227 kilogram, berapa orang yang dibutuhkan buat narik mayatnya ya?), plus nggak ketinggalan diameter tubuhnya lebih dari 12 inch (sekitar 30 centimeter). Yang betina, biasanya lebih besar dari yang jantan. Type lainnya yang semuanya berasal dari Amerika Selatan seperti Anaconda Kuning, Bintik-bintik hitam, dan Jenis Bolivia lebih kecil dari si Ijo ini.

Anaconda hidup di rawa-rawa, semak, dan sungai yang mengalir lambat, biasanya di hutan hujan tropis Amazon dan lembah sungai Orricono (ada kemungkinan bisa hidup di Indonesia nggak ya.., he..he.. kali aja ketemu di jalan). Anaconda sulit ditemukan di darat, tapi sering bersembunyi dan kelihatan mengkilap di air. Mata dan hidungnya terbuka di atas kepalanya, membuat mereka dapat berendam santai selama menunggu mangsanya. Oiya…sebagai perbandingan, jika dibandingkan, ukuran Anaconda ini relatif terhadap sebuah Bus. Hm… kalo’ ketemu di jalan bisa-bisa dikira pohon tumbang kali ya…

(Almost taken All from National Geographic-Animal-Reptile)

One thought on “Eunectes murinus (Anaconda Ijo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s