Hadits Muttafaq ‘Alaih

Beberapa waktu yang lalu aq akhirnya berhasil membeli buku Shahih Bukhari Muslim di acara ini. Setelah teronggok lesu beberapa hari, akhirnya aq buka-buka juga. Dimulai dengan perkenalan singkat dengan si penyusun, Imam Bukhori dan Imam Muslim. Entah karena lagi mello ato apa, tapi emang dua orang itu, terutama Imam Bukhori keren banget. Bayangin aja, dia memutuskan untuk tinggal di Mekkah dan melakukan perjalanan untuk menulis buku hadits di usia 16 tahun. 16 tahun!! aq ngapain ya umur segitu, hehehe😀. Hafalan dan kesantunannya itu juga siy, yang bikin bener-bener salut… diceritanya siy dia gak pernah bilang ke perawi lain kalau hadits itu salah atau hadits itu dhoif, tapi dia bilang “dipertimbangkan”, yang lebih menarik lagi adalah ketika dia diuji dengan hadits yang sanadnya dicampur aduk hingga kacau balau, dia tetap bilang “saya gak pernah dengar hadits itu” dan setelahnya, dengan lancar dia mengkoreksi semua hadits yang dicampur aduk itu dengan benar sesuai sanadnya. Hm… para ahli hadits itu emang luar biasa.

Nah, beberapa waktu kemudian, aq punya kesempatan, mencari-cari lagi siapa-siapa lagi siy, perawi yang haditsnya dianggap shahih. Nah, ketemulah dengan istilah muttafaq ‘alaih. Perasaan sering denger tapi lupa itu apa atau siapa. Akhirnya setelah nanya-nanya ke temen yang punya kitab hadits (bahasa Arab disuruh baca sendiri pula! langsung deh gak mudheng😦, untung dia bersedia menterjemahkan, arigatou gozaimasu Nal!) ketemu deh, ternyata muttafaq ‘alaih itu ya dua orang itu, Bukhari dan Muslim.

Selain nemu kalau ada istilah muttafaq ‘alaih, ternyata ada 7 orang perawi yang dikenal dengan As Sab’ah, yaitu: Ahmad, Bukhori, Muslim, Abu Daud, Ibnu Majah, Tirmidzi dan Nasa’i. Selain itu masih ada istilah-istilah lainnya, tapi karena sekarang bukunya gak dibawa, ntar dilanjut lagi deh nulisnya, hehehe😀

Pengetahuan tentang haditsnya masih amburadul banget niy… Hayo semangat baca lagi!!

4 thoughts on “Hadits Muttafaq ‘Alaih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s