Tentang Niat

Berhentilah mengejar ketenaran, dan carilah kebenaran maka bertemulah keduanya
~Andi Hakim Nasoetion

Pernah denger kata-kata itu? Buat para penggemar almarhum Pak Andi mungkin kata-kata itu udah gak asing lagi ya. Kata-kata itu nyangkut dan bermakna dalem banget buat aq. Mungkin kaidahnya udah aq dapet sejak lama dari kedua orang tuaq, tapi kata-kata itu seperti mengumpulkan semua inti dari “melakukan sesuatu”. Aq gak ngerti apa sebenarnya yang ingin dikatakan oleh pak Andi dalam kata-katanya itu, tapi buatku kata-kata itu bermakna universal tentang “memperbaiki niat”, dengan berhenti mencari ketenaran (yang aq artikan sebagai ‘dunia’) dan mencari kebenaran (yang haq, Allah), maka bertemulah keduanya, indah bangeeet… ^^. Pernah baca hadits arba’in? ya mungkin bahkan sebagian pada hafal ya, hehe… seinget aq hadits yang pertama kali kita temuin adalah tentang niat.

Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan.[1]

Pernah mempertanyakan apa niat kita dalam melakukan sesuatu? harusnya pernah, karena berdasarkan hadits di atas, niat itu adalah hal kecil yang mempengaruhi nilai semua amalan kita. Apa siy niat kita kerja? Apa semata-mata karena untuk collect money? Apa niat kita puasa? Untuk ngirit? ato untuk diet, hohoho… Ya nggak masalah siy, tapi ya hanya itu saja yang bisa kita dapatkan. Apa siy niat kita berhijrah (baca: memperbaiki diri) apa karena seseorang yang ingin kita nikahi? ya maka hanya itulah yang kamu dapatkan. Sayang kan, padahal dengan memperbaiki niat, kita bisa mendapatkan hal yang lebih tinggi nilainya di sisi Allah. Jadi hati-hati ya meniatkan sesuatu…^^. Mungkin terdengar klise yah, tapi ketika kita meniatkan karena ‘sesuatu’, ada konsekuensi yang mengikutinya. Beberapa yang aq tau hasil dari pengamatan, pengalaman dan curhatan orang-orang, konsekuensi dari melakukan sesuatu karena ‘sesuatu’ adalah:

  1. Kalau berhasil dan dapet, dapetnya ya cuma yang diniatin aja..(based on hadits)
  2. Kalau gak berhasil dan gak dapet, biasanya kecewa, aq dah susah-susah gitu loh…
    Padahal mamaq pernah bilang, ketika mengusahakan sesuatu, harus siap dua hal, berhasil dan gagal. Ketika sudah mendapatkan sesuatu, juga harus siap dua hal, menjaga dan kehilangan. Love u mom, met hari ibu..
  3. Kalau dasar dari niatnya berubah, amalannya juga bisa berubah. In case qt berubah karena seseorang, eh ternyata orang itu gak kaya yang kita bayangin… sebagian kasus menunjukkan fakta, kalau si orang yang ingin berubah tadi bakal gak jadi berubah atau malah jadi kebalikan dari niat awalnya, naudzubillah..

Dari kata-kata pak Andi dan hadits di atas, harusnya bertambah kuat dan yakin siy, ketika kita meniatkan sesuatu karena ‘dunia dan isinya’ ya hanya itulah yang kita dapatkan. Sebaliknya, ketika kita meniatkan sesuatu karena Allah (yang honestly kadang susah bangeet…) mungkin banyak nilai plus-plus yang kita dapetin. Eh tapi ya jangan jadi berniat pengen dapet nilai plus-plusnya juga ya, hehehe…bersihin hanya karena Allah…yuk sama-sama belajar, benerin niat sebagai evaluasi dan resolusi tahun depan (mumpung momennya masih tahun baru..^^)

~hasil renungan di pagi hujan

———–
Catatan:
[1] Di ambil dari laman ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s