Catatan Jumadil Akhir

Hari ini 16 Jumadil Akhir 1431 Hijriyah. Pernah baca di buku agenda jadul papa tentang keterangan kelahiran aq dan adikku, kayanya siy aq lahir di bulan ini. Langsung googling untuk mencari converter kira-kira tepatnya tanggal dan bulan berapa hijriyah aq lahir. Klik, klik, klik, akhirnya menemukan website ini. Langsung saja aq memasukkan tanggal lahir versi Gregorian Date, dan mendapatkan bahwa aq lahir pada 20 Jumadil Akhir 1408 H. Waaaah, kalo berdasarkan tanggal hijriyah, empat hari lagi aq ini udah berusia 23 tahun (Moon). Hweeh, jadi lebih tua setahun yaks, heu2…

Alhamdulillah, bulan ini berhasil melewati ayamul bidh complete, mudah-mudahan niat puasanya diterimašŸ™‚. Malah tadi malem abis buka puasa, sengaja nyisihin makanan buat sahur. Pas mau tidur baru ngeh, lho? sahur mau puasa apaan lagi?? Hoho…ketagihan… Alhamdulillah besok Senin, jadi bisa puasa lagi deh. Dan, ngomong-ngomong tentang puasa, berdasarkan hitungan kalender yang aq punya, Ramadhan tinggal 2 bulan, 1 minggu dan 5 hari lagi. Niy aq pasangin ticker biar sekalian buat pengingat, hoho…

Daisypath Vacation tickers

Nah nah…udah tinggal dua bulan lagi. Hayo udah pada nyiapin apa buat menyambut bulan Ramadhan? Hmm..biasanya pada bikin targetan (bukan karena mau bulan Ramadhan aja siy, harusnya selalu, tapi ini momen yang tepat loh kalo mau memulai) dengan memperbanyak sholat sunnah,Ā  tilawah, perbanyak sedakah, puasa sunnah;Senin-Kamis, Ayamul Bidh, dan puasa sunnah lainnya, tapi jangan lupa cari referensi yang shahih buat puasa-puasa sunnah yang dasarnya hadits, karena pengalaman tahun kemaren ternyata ada beberapa amalan puasa yang haditsnya lemah atau dhoif dan membuat yang baca jadi bingung, hoho. Walaupun kalau membaca dari kata pengantar di Hadits Arba’in An Nawawi, para ulama sepakat akan diperbolehkannya beramal dengan hadits dho’if. Tapi kalo bisa kenapa gak meninggalkan yang ragu-ragu? Dari Hasan bin Ali bin Abi Thalib Radhiyallahuanhu yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Nasa’i bahwa Rasulullah bersabda:

“Tinggalkanlah perkara yang meragukanmu dan kerjakanlah perkara yang tidak meragukanmu”
(Hadits ke 11 dari Hadits Arba’in An Nawawi)

Jadi,selain berusaha meningkatkan amalan dan ibadah yaumiah kita, gak ada salahnya buat buka-buka lagi Al Qur’an, Kitab Hadits, Buku Fiqh dan kalau bingung, bertanyalah pada orang yang paham.

“…maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.”
(Q.S An Nahl: 43)

Supaya amalan kita juga didasari ilmu. Kan masa siy pada gak penasaran gitu kenapa harus begini dan harus begitu..hehe, **mulai misuh-misuh gak jelas**. Tambahan lain adalah mulai mereduksi hal-hal kecil yang kita tau bisa mengurangi pahala dan kadar keimanan kita. Kalo inget baca Kajian Dirosat-nya Tarbawi edisi Agustus tahun lalu, ada perkataan bagus dari Bilal tentang kesalahan, kata Bilal:

“Jangan melihat kecilnya kesalahanmu, tapi lihatlah bagaimana besarnya engkau bermaksiat di hadapan RabbMu”[1]

Wah, wah…sepertinya harus menambah lagi bacaan berkualitas, untuk menajamkan lagi hati yang mungkin mulai tumpul karena banyaknya dosa yang kita perbuat. Huhu…kalo gak ada yang ngingetin, ya kenapa gak kita sendiri aja yang ngingetin diri sendiri, walaupun memang seperti quotes pada tulisan sebelumnya, kita sering dengan mudahnya memaklumi kesalahan yang kita buat sendiri. Ayo semangat!! Harus jadi lebih baik lagi setiap hari..šŸ˜€
Sekarang waktunya sholat dhuha, hoho…


Buitenzorg, 16 Jumadil Akhir 1431/30 Mei 2010
pratiginaĀ©2010
————
Catatan:
[1] Kajian Dirosat: Mengamputasi Kesalahan Tanpa Alas Kaki, Tarbawi Edisi 209 Tahun 11 Sya’ban 1430 H/6 Agustus 2009 M
Waktu nulis ini pake backsound: KaruniaMu – The Fikr, tetep daleemĀ šŸ˜„

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s