Tahu Goreng Alakadarnya

Hari ini lagi gak puasa, jadi tadi sekitar jam 6.11 akhirnya keluar rumah buat belanja. Hari ini rencananya mau bikin tahu goreng. Makanan yang selalu dibikin dirumah kalo kitanya lagi pada males masak. Tapi masakan ini ngangein, soalnya emang khas makanan dirumahku. Waktu lagi dengerin azan subuh tadi tiba-tiba perutku bunyi-bunyi, laper, heu2.. yasudahlah kayanya harus sarapan lebih pagi. Kebetulan ada martabak mie yang aq sisain buat sahur (padahal gak mau puasa) sama masih ada roti tawar. Jadilah bikin semacam sandwich tapi isinya martabak, haha.. sama bikin HiLo satu gelas. Lumayan kenyang..hehe..

Bunga Lily depan Kosan (by SE C510)

Aq gak tau pasti tuh nama makanan sebenernya apa, cuma kalo di rumah dibilangnya tahu goreng. Pas nyampe depan kosan, aq kaget ada bunga Lily warna putih yang lagi mekar, bagus deh… Trus bunga melatinya juga masih ada, wangi..heu..heu seneng deh berdiri disitu lama-lama, etapi udah jam segini, ntar Bapak tukang sayurnya keburu keliling. Jalan dikit ke gang sebelah, aq nemu tukang sayur yang biasa. Aq beli Tempe 1 batang, Tahu 1 bungkus, Daun Bawang+Seledri 500 sama Tauge 1000. Hitung-hitung aq gak jelas bapaknya bilang Rp 5.000,- ato Rp 4.000,-. Tapi biasanya tempe itu harganya Rp 2.000,- tahu aq gak tau harganya berapa. Karena uangnya cuma ada Rp 4.000,- (aq tunjukin ke Bapaknya), Bapaknya cuma bilang “Yah Neng” yaudah aq kasih aja yang Rp 50.000,-an eh gak ada kembalian. Ya udah aq akhirnya beli gula di warung, kebetulan stok di kosan udah menipis. Beli sebungkus, Rp 4.800,- (kayanya setengah kilo deh). Nah aq kasihin deh uang ke Bapaknya Rp 5.000,- Eh, sama bapaknya dikembaliin Rp 1.000,-. Aq kan terbengong-bengong, lho? kalo Rp 4.000,- mah tadi juga ada, aq ngapain mecahin duit coba… ckckck…bapaknya aneh.. Akhirnya aq pulang sambil bingung. Sampe depan kosan aq kasian liat melati pada berjatuhan gitu. Yawdah aq pungutin deh, trus aq sebarin di tempat tidur. Wangiii….

Melati depan kosan (by SE C510)

Abis itu aq beres-beres belanjaan di kulkas trus ngeblog deh. Rencananya aq mau masak tahu goreng sekitar jam 11an buat makan siang. Pas ngecek-ngecek ke dapur, eh gula merahnya abis. Kecapnya juga sekarat, yawdah disempetin beli dulu deh.

Resep dan cara bikinnya:

Bahan:
6 potong tahu putih/kuning (sesuai selera)
1 potong tempe (yang ukuran 15 cm-an)
1 ons tauge (dipetikin yah buntutnya, biar lebih enak makannya gak terganggu sama buntutnya)
daun bawang & seledri secukupnya

Bumbu:
1 siung bawang putih
2 siung bawang merah
2 butir cabai kecil
gula merah secukupnya
garam secukupnya
kecap manis secukupnya

Tahu Goreng Alakadarnya (by SE C510)

Cara buatnya:

Potong-potong tempe ukuran 5 x 2,5 cm cuci bersih, kasih garam sedikit trus goreng sampe mateng, jangan terlalu kering. Tahu juga sama dicuci bersih, trus digoreng sampe mateng. Rebus tauge, jangan terlalu layu, pisahkan. Haluskan bawang putih dan cabai kecil, setelah halus, tambahkan gula merah dan kecap manis. Kalau terlalu kental, boleh ditambah sedikit air hangat biarkan di cobek, pisahkan. Daun bawang dan seledri iris tipis, pisahkan. Bawang merah dikupas trus diiris tipis dan digoreng. Kalo udah selesai, tahu ama tempenya dipotong seukuran dadu, trus dimasukin ke bumbu yang masih di cobek. Masukin juga tauge, daun bawang, daun seledri sama bawang goreng, tru diaduk deh sampe rata pake adukan sambel. Kalo udah rata, dah bisa langsung dimakan, eits tapi pindahin dulu dari cobeknya, berat atuh kalo tetep ditaroh disitu.. Hasilnya yang masih di cobek kira-kira kaya gambar di atas. Hoho…

Kecap Berhadiah Gelas Cantik (by SE C510)

Arrgggh, kacau banget aqnya gak pandai merangkai kata-kata untuk resep siy..haha… Yanh secara umum kek gitu deh… Sebenernya kalo resep aslinya biasanya mama suka pake tambahan daun seledri dan bumbunya lebih kompleks, pake kacang tanah goreng gitu segala deh..tapi namanya juga judulnya alakadarnya..😆 Oiya, tadi waktu beli kecap manis ada promosi loh.. Untuk pembelian kecap manis merk seperti di gambar ini, dapet satu gelas cantik. Aqnya gak ngeh, kasirnya aja yang baik, ngingetin kalo hadiahnya bisa diambil di penitipan barang. Kecap dan gelas cantiknya ada di gambar di samping ini, hehe..

Ntar malem masak apa lagi yah…
**pikiran ibu-ibu masak mulu**


pratigina©2010

——————
Catatan:

Tadi belanja kecapnya di Pasar Swalayan Ada – Bogor
Bukan iklan siy, cuma sekedar pemberitahuan..:lol:

2 thoughts on “Tahu Goreng Alakadarnya

  1. Hahaha, dasar ibu-ibu, kerjaannya masak n ngeblog.
    Hayo cher perkaya resep masakanmu biar disayang suami.
    hihihi

    • @ elbarorah
      Hehe..iya ve..tapi masih kalah jauh niy dibanding bu vera..
      Tapi hobby ini bahaya juga, bisa bikin obesitas, haha..
      Kayanya harus belajar lagi pilih-pilih makanan yang sehat dan kalorinya seimbang, hehe..
      oiya bagi resepnya juga dunk ve, hehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s