Bolu Nekat

Bolu Kayu Manis Topping Blueberry

Hari ini aq puasa Senin-Kamis ceritanya. Alhamdulillah tadi pagi berhasil sahur pake dua roti tawar yang aq bakar (bakar apa goreng ya, ya gitu deh pokoknya dipanasin) sama tiga buah nugget goreng plus susu cokelat. Sahur apa sahur yaks, banyak bener… Nah, menjelang siang sehabis sholat zuhur, karena browsing-browsing dan tanpa sengaja melihat foto-foto cake, aq jadi ngiler. Huaaa…padahal lagi puasa.. Tapi mupeng banget, jadi kepengen bikin. Tapi kalo pengen yang cepet dan pasti jadi, harus beli tepung instan gitu, gyaah daku kan lagi pengiritan.. akhirnya aq bongkar-bongkar deh stok bahan makanan di dapur. Nemu tepung terigu, santan instan, margarin yang tinggal setengah, satu plastik kayu manis, gula, sama telur. Hm, kayanya siy udah cukup kalo cuma sekedar mau bikin cake. Yasudah nekat saja lah…jadi apa enggak urusan ntar, yang penting usaha dulu, haha… Karena gak punya timbangan yang buat bikin kue gitu, akhirnya aq pake takeran gelas cantik yang kemaren dapet gratis. Seinget aq pernah baca di buku resep mama, kalo satu gelas ukuran segitu dibilangnya satu gelas belimbing peres, yang kalo tepung setara sama 250 gr CMIIW.

Bahan-bahan yang aq pake:
2 butir telur, dikocok (pake tangan aja sekitar 10 menitan) sampai mengembang dan warnanya jadi lebih muda
100 ml santan instan aq tambahin 1 gelas air trus direbus pake sepotong kayu manis sampe mendidih
25 gr margarin (perkiraan aja siy, sekitar 1/8 bungkus) panaskan sampai cair
gula pasir (1/3 gelas)
tepung terigu (1,5 gelas)
Kayu manis dikit aja, dihancurkan.

Cara bikinnya:
Setelah telur dikocok sampai mengembang, masukkan gula, kocok lagi sampai rata (mungkin rada pegel, tapi gimana lagi, gak ada mixer siy, hehe) trus masukin margarin cair, kocok lagi. Setelah rata, masukin santan (jangan sama kayu manisnya yaks) aduk rata, masukin juga kayu manis yang udah dihancurin. Nah setelah rata, masukin tepungnya dikit dikit sambil diaduk pelan-pelan. Sementara itu jangan lupa panaskan air buat ngukus. Siapin loyang (aq pake ukuran 22 x 7) jangan lupa olesin margarin sama tepung biar hasilnya gak lengket. Kalo dirasa airnya udah cukup mendidih, tuangin adonan ke loyang, trus di kukus deh pake api sedang. Boleh juga dipanggang, tapi karena gak punya oven jadi dikukus aja deh,πŸ˜† biasanya hasilnya juga lebih lembut bolunya. Pas udah 5 menit dikukus, aq sengaja naroh kayu manis di atas bolunya, biar hasilnya wangi. Nah tinggal tunggu hasilnya…

Jreng jreng…

Bolu Kayu Manis Kukus

Setelah 30 menit dan make sure kalo tengahnya juga udah mateng (caranya ditusuk-tusuk pake lidi, kalo masih lengket berarti blom mateng banget tuh) aq angkat deh… Hm, jadinya cuma sekitar 3 cm, gak terlalu ngembang, wajarlah soalnya aq cuma pake 2 telor dan pake santen. Kaya gitu deh hasilnya..

Wangii….ups, tapi inget masih puasa. Tapi dikosan gak ada orang yang bisa nyicipin, yawdah ntar aja lah.. Nah, karena kok rasanya polos banget yah ini bolu, aq nyari-nyari apa ya buat toppingnya, yawdah akhirnya aq minta Topping Blueberrynya amey deh.. Minta ya mey….heu..heu.. Setelah utak atik, akhirnya jadi deh, Bolu Kayu Manis kukusku.. Ini resep original loh, kagak pake takeran dan kagak pake alat yang ribet-ribet, cuma karena mupeng pengen bolu ajah, haha.. Gak bakat ngedekor bolu neh, ancur deh. Nah kalo nanya rasanya, aq gak tau, nanti deh kalo udah buka puasa aq kasih tau… sekarang sabar dulu yah…πŸ™‚

Tambahan Posting:

Udah dicobain, lumayan lah, gak mengecewakan..yang biin khas itu wangi kayu manisnya..humm yummy deh..hehe..

8 thoughts on “Bolu Nekat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s