Meletus Tabung Hijau, Dor..

Judul di atas diambil dari subjek email yang dikirim salah seorang rekan di milis statistika IPB menanggapi maraknya kasus peledakan LPG Tabung 3 kg. Seloroh yang dilontarkan menyatakan bahwa, meledaknya tabung LPG 3 kg adalah karena pemilihan warna tabung, berkaitan dengan lagu anak-anak balonku. Dari berbagai pemberitaan dan counter dari pihak-pihak terkait yang dianggap bertanggung jawab atas kejadian ini, terdapat beberapa kesimpulan yang bisa ditarik secara empiris.

Penyebab meledaknya tabung gas LPG 3 kg disinyalir karena:

  • Tabung yang tidak terstandar SNI, untuk informasi standar tabung gas dan aksesorisnya dapat dilihat di website Badan Standarsisasi Nasional di sini.
  • Penanganan tabung yang tidak sesuai standar penanganan, misalnya dengan melempar atau menggelindingkan tabung saat handling.
  • Tabung, kompor dan aksesoris yang sudah kadaluarsa.
  • Adanya pengoplosan gas, sehingga dapat merusak katup yang terdapat pada mulut tabung.
  • Odor pada gas yang belum dikenali oleh masyarakat, sehingga apabila terjadi kebocoran tabung gas masyarakat yang mencium baunya tidak aware terhadap adanya kebocoran tabung.
  • Habit penempatan dan penggunaan tabung dan aksesoris yang kurang hati-hati, seperti misalnya menempatkan tabung lebih tinggi daripada kompor, atau menempatkan tabung di tempat yang tertutup dan kedap udara.

Ini baru asumsi empiris, tapi mudah-mudahan kalau misalnya dijaga dan dirawat serata diperhatikan dengan baik, insya Allah gak akan meledak, hehe…😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s