Kepiting Sayur Asem

Kalo kepiting saus padang atau asem manis udah biasa ya, tapi ada resep dari mama nih yang unik. Yaitu sayur asem kepiting. Uenaaak banget deh pokoknya. Langsung aja deh dikasihtau resepnya.

Bahan:
Kepiting 300gr potong kaki-kaki dan belah dua bagian badannya
Jagung Manis 1 buah potong 2
Labu ukuran sedang 1 buah potong dadu
Kacang panjang/buncis 50 gr potong pendek
Kacang tanah 50 gr
Melinjau + Daun (kalau suka) 50 gr
Asam Jawa secukupnya
Garam+Gula secukupnya
Bawang merah 2 siung
Bawang putih 2 siung
Penyedap (kalau suka) secukupnya
Cabe merah 2 buah potong sebuku jari
Cabe hijau 2 buah potong sebuku jari
Tomat setengah potong
Air 700 ml
Daun salam 3 lembar
Lengkuas 1 buku jari

Cara Membuat:

    Panaskan air sampai setengah mendidih dan masukkan kepiting yang sudah dipotong-potong. Sementara itu giling bawang merah dan bawang putih sampai halus
    Setelah air mendidih dan kepiting berubah menjadi merah masukkan daun salam dan lengkuas. Kemudian masukkan sayuran satu per satu mulai dari yang paling sulit matang (melinjau,jagung,kacang tanah,labu,kacang panjang,cabe)
    Jika sayuran sudah hampir matang semua, masukkan gilingan bawang merah dan bawang putih serta gula garam dan penyedap (jika suka)
    Jika sudah pas rasanya, masukkan tomat terakhir kali dan tunggu hingga tomat matang lalu angkat
    Selesai deh

Ada yang kelupaan gak ya, maklum deh bukan expert. Hehehe.. Selamat mencoba..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s