Lidah Buaya (Aloe Vera)

RPP Pendidikan Lingkungan Hidup minggu ini untuk anak-anak kelas IV adalah menanam dengan cara stek. Kali ini jenis tanaman yang dipilih adalah Lidah Buaya (Aloe Vera). Sebelum ditanam, saya memutuskan untuk mengenal dulu lebih dekat apa itu Lidah Buaya.

Lidah Buaya (Aloe vera; Latin: Aloe barbadensis Milleer) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.

~ Wikipedia1)

Kenapa lidah buaya?

Selain karena mudah ditanam, lidah buaya ternyata punya cukup banyak manfaat. Diantaranya adalah:2)

  1. Sebagai antiinflamasi, lidah buaya dapat membantu mengatasi luka bakar, digigit serangga atau masalah pencernaan. Hal ini bisa diperoleh dengan cara meminum lidah buaya sebagai pengobatan secara internal. Jus lidah buaya dipercaya dapat membantu mencegah konstipasi dan melancarkan saluran pencernlidah buayaaan. Minuman ini dibuat dari gel yang dihasilkan oleh lidah buaya.
  2. Sebagai penyembuh luka, lidah buaya membantu untuk mengembalikan jaringan kulit yang luka. Untuk kegunaan ini biasanya dengan menggunakan gel lidah buaya yaitu bagian berlendir yang diperoleh dengan menyayat bagian dalam daun setelah eksudat dikeluarkan, yang juga digunakan untuk membantu mengatasi masalah eksternal seperti masalah pada kulit, mulai dari luka bakar, jerawat hingga masalah kulit akibat gigitan serangga.
  3. Sebagai antioksidan, sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mem­bantu mencegah penyakit degeneratif.
  4. Kosmetik. Mengingat kandungannya yang cukup lengkap, lidah buaya banyak dipergunakan pada berbagai produk kosmetik, seperti krim, lotion, atau sabun. Kandungan lidah buaya di dalam produk kosmetik tersebut membantu meningkatkan kadar oksigen yang be’rguna bagi kulit, membantu menguat­kan jaringan kulit sehingga tidak mengendur, serta mem­bantu mencegahpenuaan dini.
  5. Secara tradisional, lidah buaya digunakan untuk menyuburkan rambut dengan cara memotong daunnya kemudian mengoleskan getah yang keluar (eksudat) langsung di kulit kepala secara berkala. Setelah itu baru dibersihkan dan dibilas.
  6. Lidah buaya juga termasuk ke dalam tanaman penyerap polutan berbahaya. Karena mampu menyaring emisi gas dari bahan berbhaya & beracun 3)

Bagaimana Menanamnya?4)

Bila Anda tertarik menanam dan mengembangkan tanaman ini, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dijadikan panduan.

  • Butuh waktu cukup lama buat lidah buaya untuk tumbuh di dalam ruangan. Namun Aloe Vera dapat ditanam di dalam rumah atau pun di luar rumah. Tanaman ini butuh cahaya alami dan akan tumbuh  bagus bila memperolah cahaya langsung selama sekitar  4 jam sehari . Warnanya akan kecoklatan bila kontak sinar matahari secara berlebihan. Pada siang hari lidah buaya butuh suhu 68-72 derajat Fahrenheit, dan malam hari 50-55 derajat Fahrenheit.
  • Gunakan pot dengan media tanam dan pengairan yang baik. Media tanam yang cocok terdiri atas satu campuran bagian tanah kebun, satu bagian pupuk kandang atau kompos, satu bagian pasir, dan setengah bagian serbuk arang.  Media tanam diusahakan dalam kondisi agak ekring, tidak boleh terlalu basah.  Karena lidah buaya salah satu jenis succulent, jangan terlalu sering disiram.
  • Pastikan tanah atau pasir dalam pot tetap kering sebelum disiram. Pastikan pula ada lubang di bawah pot supaya air dapat mengalir dengan mudah.
  • Tanaman yang baru dibeli tidak perlu langsung dipupuk pada tahun-tahun pertama. Tunggu sampai tahun berikutnya
  • Pengepotan kembali dilakukan saat media telah menjadi padat dan tanaman sudah memenuhi pot.  Pengepotan dapat dilakukan setiap waktu.

Demikian sekilas tentang lidah buaya, Insya Allah dilanjutkan setelah penanaman.

Sumber Bacaan:

  1. Wikipedia, http://id.wikipedia.org/wiki/Lidah_Buaya
  2. Khasiat Lidah Buaya, http://www.bundakonicare.com/post/from-nature-for-health/5-khasiat-utama-lidah-buaya
  3. Tanaman Penyerap Polutan, http://blogtronyok.blogspot.com/2011/05/10-tanaman-penyerap-polutan-berbahaya.html
  4. Menanam & Merawat Lidah Buaya, http://properti.kompas.com/read/2009/08/20/09365148/Menanam.dan.Merawat.Lidah.Buaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s